Jumat, 13 November 2015

Apa Itu Construct 2?

Yuk kita berkenalan dulu dengan Construct 2.

Construct 2 Welcome

Construct 2 adalah salah satu tools atau software untuk membuat game berbasis HTML5, terutama untuk game 2D (dua dimensi). Kelebihan yang ditawarkan, menurut si pembuat Construct 2, tidak membutuhkan koding, yaitu proses untuk menulis kode2 pemrograman yang njlimet. Jadi, yang dibutuhkan untuk membuat game dengan Construct 2 adalah pembuatan asset (karakter player atau musuh, gambar background, musik) dan logika / algoritma untuk mengatur jalan nya game yang kita buat.

Teman2 bisa mendownload Construct 2 secara gratiss di website nya Scirra (https://www.scirra.com/construct2). Versi Construct 2 gratis atau Free ini sudah bisa digunakan untuk membuat game dengan beberapa batasan. Nah, kalo ingin mendapatkan fitur yang lebih komplit, tentunya dibutuhkan lisensi yang bisa didapatkan sesuai kebutuhan. Mulai dari Personal License dengan harga saat ini Rp 1.699.900 - sampai dengan Business License seharga Rp 5.999.900.

Apakah Construct 2 ini layak untuk digunakan? Silahkan download versi free -nya dan cobalah untuk membuat game. Sebagai contoh berikut game2 yang cukup oke, yang dibuat dengan Construct 2.

Airscape The Fall of Gravity



The Next Penelope



Hungry Hal



Gimana, ok gak bro/sis? :)

Sebagai developer, Scirra memberikan banyak tutorial dan contoh2 yang bisa dipelajari seputar pengembangan game. Beberapa tutorial, ada yg ditulis dalam bahasa Indonesia lho. Jadi, next time teman2 mau berbagi, juga bisa menyumbang tutorial di website Scirra. Selain itu, diskusi lebih lanjut bisa dilakukan lewat forum.

Nantikan tulisan berikut nya, mengenai Construct 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar