Sabtu, 14 November 2015

Menggerakkan Objek Pada Construct 2

Dalam pembuatan game 2D, kita sering berurusan dengan bagaimana menggerakkan objek, baik itu karakter player, musuh ataupun objek lain nya.

Kita akan berkenalan dengan istilah Behavior, yaitu cara menggerakkan objek pada Construct 2 berdasarkan sifat2 tertentu. Contoh nya behavior Solid. Solid ini maksudnya, objek memiliki sifat seperti benda padat. Apabila kita ingin mendeteksi suatu objek, bertubrukan dengan objek lainnya, maka kita gunakan behavior Solid ini. Misal nya kita membuat game platformer seperti Mario Bross, dimana karakter Mario berjalan di atas platform. Maka platform tersebut harus memiliki behavior Solid.

Contoh behavior yang lain adalah Platform. Untuk kasus game Mario Bross, maka karakter Mario harus memiliki behavior Platform. Sehingga dia bisa berjalan di atas platform yang ada. Saya akan jelaskan lebih lanjut beserta praktek membuat game platformer sederhana.

Buka Construct 2, lalu pilih New Project. Di layar utama, klik kanan dan pilih Insert New Object. Pertama, kita akan membuat objek platform, bernama Pelatform.

Selanjutnya muncul pilihan objek yang akan di insert, kita pilih Sprite. Kemudian tuliskan nama objek nya (Pelatform) di isian "Name when inserted", dan selanjutnya klik tombol Insert.

Kursor mouse akan berubah menjadi tanda cross, dan klik pada layar. Selanjutnya akan muncul box seperti gambar di bawah ini. Silahkan pilih warna yang diinginkan, dan setelah itu klik tanda silang untuk menutup box.

Untuk saat ini, semua karakter yg kita buat berbentuk kotak. Nanti nya akan saya jelaskan mengenai pembuatan karakter yang memiliki berbagai macam bentuk, baik itu lingkaran, segitiga atau bahkan karakter orang, binatang, pohon, atau benda lainnya. Selanjutnya kita bisa menyesuaikan ukuran objek dan atur juga posisi peletakan objek tersebut.

Setelah itu kita berikan / tambahkan Behavior pada objek tadi. Ada dua cara yg saya tahu, pertama kita pilih / klik objek yang ada di layar, lalu perhatikan pada kolom Properties sebelah kiri, cari istilah Behaviors lalu klik pada Add / edit Behaviors.

Cara kedua adalah, perhatikan kolom Objects di bagian kanan Construct 2. Disitu ada objek Pelatform yg sudah kita buat, klik kanan dan pilih Behaviors.

Kedua cara di atas nantinya akan membuka sebuah box, kemudian klik pada tanda '+' dan pilih attribute / behavior Solid.

Sekarang platform (Pelatform) kita sudah memiliki behavior Solid.

Selanjutnya kita akan membuat karakter Mario, yang akan berjalan di atas platform. Kita buat objek baru dengan cara yg sama dengan penjelasan di atas, hanya beda warna dan ukuran nya. Kira2 hasil akhir nya seperti gambar di bawah ini.

Kita berikan / tambahkan behavior Platform kepada objek Mario. Caranya sama dengan di atas, hanya behavior yg ditambahkan adalah Platform.

Nah, sampai tahap ini secara prinsip kita telah selesai membuat game platformer ala Mario Bross. Agar lebih seru, kita letakkan lebih banyak objek Pelatform di layar seperti tampilan di bawah ini.

Jangan lupa untuk menyimpan hasil pekerjaan kita dengan klik pada menu File > Save, atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+S di keyboard. Untuk memainkan game tersebut, klik pada icon Run layout yang ada di bagian atas Construct 2.

Kita bisa menggerakkan karakter Mario dengan menekan tombol panah di keyboard komputer; panah kanan dan kiri untuk gerakan menyamping dan panah atas untuk melompat.

Tentunya masih banyak kekurangan dari game ini, yang justru bisa kita perbaiki dan dikembangkan. Seperti misalnya, mengganti karakter yang saat ini berbentuk kotak dengan bentuk yg lebih menarik. Pemberian target permainan, misalnya mengumpulkan koin dalam waktu singkat, dan lain sebagai nya. Dan nanti kita juga akan mencoba memberikan efek suara, sehingga game akan jadi semakin seru :)

Ok, selamat mencoba kawan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar